Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

5 PTN Ini Membuka Jalur Mandiri tanpa Tes

Selain terdapat jalur SNBP dan SNBT yang diselenggarakan langsung oleh pusat (SNPMB), ada juga beberapa universitas yang membuka jalur mandiri. Jalur mandiri tersebut memiliki ketentuan atau syarat yang berbeda-beda tergantung ketentuan dari masing-masing universitas yang menyelenggarakan jalur mandiri. Adapun beberapa universitas berikut ini yang membuka jalur mandiri tetapi tanpa adanya tes, ada beberapa yang juga mengandalkan nilai rapor dan prestasi yang dimiliki siswa. Berikut beberapa universitas tersebut:

1. Universitas Gadjah Mada

Di UGM terdapat jalur seleksi Pencarian Bibit Unggul Berprestasi (PBUB). Jalur tersebut merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa pemenang/juara lomba di bidang olahraga, seni, dan IPTEK sesuai program studi yang dipilih.

2. Universitas Indonesia

Salah satu seleksi masuk Ul menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik adalah jalur prestasi dan pemerataan kesempatan belajar (PPKB). Penilaian seleksi ini juga ditentukan dengan indeks sekolah asal.

3. Universitas Airlangga

Di Universitas Airlangga, terdapat jalur seleksi berdasarkan prestasi akademik. Seleksi ini mempertimbangkan rapor siswa, prestasi akademik dan non akademik siswa yang pada saat pendaftaran SNBP termasuk kategori siswa eligible.

4. Universitas Brawijaya

Di UB, terdapat Seleksi Masuk Universitas Brawijaya (SMUB) jalur prestasi. Jalur ini memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa yang berprestasi di berbagai bidang. Mulai dari bidang akademik, olahraga dan seni hingga keagamaan.

5. Universitas Negeri Yogyakarta

UNY mempunyai jalur masuk berdasarkan nilai rapor akademik, yakni disebut seleksi mandiri (SM) prestasi akademik UNY. Program ini memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik untuk berkuliah di UNY.

 

Baca Juga